Pertanyaan Seputar GPS Tracking

Apakah gps tracking System itu?
GPS Tracker System adalah sebuah sistem alat pelacak dengan memanfaatkan satelit GPS dan jaringan GSM/ GPRS untuk mengirim data koordinat untuk memantau dan melacak kendaraan baik secara offline dan online (real time).

Apa perbedaan SMS Tracking dengan Web/Wap Tracking untuk pelacakan kendaraan?
Keduanya real-time, namun metode SMS Tracking menggunakan SMS atau Missed Call untuk pelacakan dan pengendalian obyek. Sedangkan metode Web Tracking menggunakan jaringan GPRS yang rutin mengirimkan data dengan interval waktu tertentu sehingga dapat dipantau langsung melalui web based server / internet.

Apa keuntungan dan kerugian menggunakan SMS maupun Web Tracking?
Jika Anda menggunakan Aplikasi Web maka Anda akan lebih mudah untuk mengendalikan, melihat, dan mengelolah laporan dari semua kendaraan. Anda dapat melihat data perjalanan, parkir, laporan alarm, dan status lain di hari sebelumnya. Sedangkan jika memakai SMS dan Wap Tracking maka Anda hanya dapat melihat posisi dan status kendaraan yang terakhir saja, namun pelacakan bisa dilakukan dengan peralatan yang praktis dan mobile (HP/Smartphone/Tablet)

Apakah semua metode tersebut dapat berjalan bersamaan?
Semua metode dapat bekerja secara bersamaan dan digunakan oleh beberapa user sekaligus.

Bisa digunakan dengan operator seluler apa saja?
Operator GSM dengan frekuensi 850/900/1800/1900 asal mempunyai jaringan yang luas.

Bagaimana kalau melewati tempat yang tidak ada sinyal GPS dan GSM nya?
Dengan sistem A-GPS, jika melewati tempat dimana sinyal GPS hilang, maka otomatis penentuan koordinat menggunakan data operator selular (GSM), dengan radius lebih lebar tidak seakurat GPS. Sebaliknya, jika sinyal GPS ada namun sinyal GSM tidak ada, beberapa tipe GPS akan menyimpan Log data koordinat dalam memory internal, lalu mengirim data tersebut saat memperoleh sinyal GSM.

Bagaimana jika alat pelacak disabotase/dirusak?
Alat pelacak akan mengirimkan alarm/notifikasi atau SMS “POWER OFF” beserta titik koordinat terakhir ke ponsel Anda. Kondisi ini segera langsung ditindaklanjuti dengan melaporkan ke pihak terkait.

Bagaimana dengan masa garansi?
Garansi yang diberikan selama 12 bulan sejak pemasangan. Kami akan segera mengganti secepatnya jika terdapat alat yang rusak karena kesalahan pabrik dengan rincian dan prosedur mengikuti ketentuan garansi pada saat pembelian. Setelah 12 bulan, perbaikan alat dikenakan biaya reparasi atau suku cadang.

Sulitkah pemasangan alat pelacak GPS di mobil?
Tidak. Prinsipnya instalasinya seperti alarm atau klakson, hanya ditambah proses setting ke aplikasi komputer yang tentunya akan kami bantu. Anda hanya perlu menyambungkan kabel power supply dari aki mobil ke alat. Perhatikan letak antena GPS agar tidak terhalang oleh metal, supaya antena dapat menerima sinyal GPS dengan sempurna. Pemasangan antena GSM dapat dilakukan dimana saja asalkan masih dapat menerima sinyal GSM dengan baik.

Bagaimana alat GPS Tracker bisa mematikan mesin kendaraan?
Jika ingin memanfaatkan fitur engine-cut (mematikan mobil), maka anda perlu menyambungkan relay dengan power supply mobil.

Bagaimana dengan software GPS Tracker atau akses ke aplikasi web?
Anda akan mendapat username, password dan petunjuk penggunaan praktis dari kami. Anda harus merubah password dan melakukan uji coba agar lancar dalam menggunakan dan bermanfaat. Modifikasi, perubahan setting, dan hal-hal lain yang lebih detail bisa dilihat pada petunjuk/ manual yang lebih lengkap.

Apa beda GPS Tracker untuk keperluan pribadi dengan korporat?
Korporat pada umumnya membutuhkan sistem dan aksesoris tambahan dengan fitur pelacakan / pemantauan yang lebih kompleks untuk manajemen dan evaluasi aset / armada, serta membutuhkan server dan aplikasi dengan Report khusus. Sedangkan untuk pengguna pribadi, fitur umum GPS Tracker sudah lebih dari cukup.

Bagaimana dengan GPS Tracker atau pelacakan di laut atau udara?
Kondisi seperti di laut, udara, gunung dan hutan dimana sinyal terbatas, memerlukan spesifikasi alat, sistem dan instalasi yang berbeda. Anda dapat menghubungi kami tentang kebutuhan GPS Tracker ini.

Global Positioning System?
adalah teknologi yang menunjukan koordinat posisi berdasarkan informasi dari satelit GPS.

A-GPS ?
merupakan Assisted-GPS, layanan yang menggabungkan sistem GPS dan layanan GSM.

GPRS / GSM ?
adalah teknologi signal tarif ekonomis dengan infrastruktur yang telah merata di seluruh wilayah yang dimanfaatkan untuk mengirim maupun menerima data koordinat GPS secara cepat ke pengguna akhir.

Real-Time Tracking?
memantau posisi serta kecepatan objek di seluruh area yang terjangkau sinyal GPS dan GSM secara langsung (real-time).

History Data?
adalah data pergerakan di masa lampau yang tersimpan di server GPS dan akan dikompilasi menjadi sebuah laporan mingguan / bulanan.

Geo-Fence?
adalah jalur / batas wilayah yang anda atur bagi objek yang dilacak. Anda akan mendapatkan informasi jika objek melewati atau keluar dari suatu jalur / batas wilayah yang telah Anda tentukan.

Speed Limit?
memberi notifikasi jika kecepatan objek melewati batas yang telah anda tentukan atau telah di set.

SOS?
adalah panggilan darurat ke nomor ponsel yang sudah ditentukan saat terjadi bahaya seperti dirampok dan kecelakaan.

Fuel Sensor?
berguna untuk mengontrol pemakaian atau mengetahui kebocoran bahan bakar / BBM.

Door Sensor?

untuk memantau pintu kargo / muatan.

GPS Camera?
untuk melihat keadaan kabin atau ruangan kargo.

Temperature Sensor?
untuk memantau keadaan suhu kargo / muatan.

Shock Sensor?
untuk mengontrol keberadaan penumpang.

Cut-Engine/Immobilizer?
adalah fitur untuk mematikan mesin dari jarak jauh melalui SMS jika terjadi keadaan darurat atau kriminal / bahaya.

Gps trcking Reports?

adalah sekumpulan data yang dikumpulkan dan direkam GPS Tracker Device. Sistem akan merekam aktivitas objek sejak terpasang dan diaktifkan seperti Jarak Tempuh, Waktu Parkir, Lokasi Perhentian, Konsumsi BBM, dll. Data disimpan pada server yang dapat diakses dan di download untuk keperluan laporan, investigasi dan evaluasi.

Data Logger?
adalah alat yang merekam data GPS namun tidak mengirim data via GPRS/GSM secara real time. Data yang direkam adalah waktu, jarak tempuh dan titik lokasi perjalanan untuk keperluan analisa saat tiba kembali ke lokasi awal. Data pada alat disambungkan ke komputer (aplikasi GPS Tracking).

Tanya Jawab Tentang GPS